Tips Memilih Bibit Buah Berkualitas Unggul dan Sehat

Saat ini, Anda bisa menemukan banyak penyedia produk yang jual bibit buah sehingga Anda bisa temukan bibit tanaman yang Anda butuhkan dengan mudah. Hanya saja, memilih bibit buah perlu Anda lakukan dengan cermat. Tujuannya tentu agar Anda mendapatkan bibit yang berkualitas.

Mengapa Pilih Bibit Buah Berkualitas?

Jawaban atas pertanyaan tersebut sebenarnya sangatlah sederhana: agar hasil panen buahnya juga berkualitas, sehingga punya nilai jual tinggi. Apalagi bagi Anda yang membeli bibit tanaman untuk bisnis perkebunan, di mana nilai jual hasil panen yang tinggi juga berarti potensi keuntungan yang besar. Contoh bibit buah yang berkualitas unggulan seperti bibit durian, bibit klengkeng, bibit alpukat, bibit matoa, bibit jeruk, bibit sawo, bibit  mangga dll

bibit buah unggulan

Kalau begitu, apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika memilih bibit buah, ya? Untuk Anda yang sudah berpengalaman, Anda tentu sudah tahu apa saja kriteria yang perlu Anda cari. Akan tetapi, kalau Anda masih cukup pemula dalam dunia bibit tanaman, ada tips-tips berikut ini yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. Selamat membaca!

Apa Saja Karakteristik Bibit Buah Berkualitas?

  1. Perhatikan daunnya.

Secara garis besar, seberapa baik kualitas bibit dari toko jual bibit buah bisa Anda lihat dari daunnya. Pilihlah bibit yang warna daunnya hijau cerah, atau memiliki warna hijau kemerahan di bagian pucuknya. Selain itu, pastikan bahwa semua daun tidak memiliki bekas dimakan ulat ataupun hama lainnya. Dan daun yang sehat tidak akan keriting dan menggulung.

2. Cermati batang tanamannya.

Kalau kondisi daunnya tidak bermasalah, lanjutkan ke batang tanamannya. Pada bibit buah yang sehat, tidak ada bekas sambungan di bagian batangnya. Di samping itu, batang yang baru saja muncul terlihat tegak lurus ke bawah atau ke atas (tidak bengkok atau melengkung). Bibit buah yang sudah punya cabang sangatlah direkomendasikan. Terlebih yang ujung rantingnya memiliki kuncup, karena hal tersebut menunjukkan adanya pertumbuhan pada tanaman. Selain itu, pilih juga yang area sekitar batangnya tidak berjamu

3. Cek juga akarnya.

Meskipun kondisi akar bibit sama pentingnya, sayangnya bagian ini sering dilewatkan. Untuk mengecek kondisi akar, Anda perlu membongkar media tanam terlebih dahulu, lalu perhatikan akar serabutnya. Pada bibit berkualitas yang bisa tumbuh subur, akar serabutnya berjumlah banyak dan mudah dilihat.

Bagaimana Jika Membeli Biji sebagai Bibit?

Sebenarnya, Anda juga bisa membeli biji sebagai bibit tanaman. Hanya saja, apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa biji tersebut juga merupakan bibit berkualitas, ya?

Tenang saja, karena ada tips yang juga bisa Anda lakukan jika Anda memilih biji buah sebagai bibitnya. Anda bisa beli dulu biji tanaman buah yang Anda inginkan, kemudian coba rendam dulu bibit di dalam air.

Perhatikan kondisi bibit selama Anda rendam. Pada bibit yang berkualitas, bibit tersebut tidak akan mengapung atau mengambang, alias langsung tenggelam. Setelah itu, cek kondisi permukaan bibit untuk memastikan bahwa tidak ada gigitan serangga. Pastikan pula bahwa biji tanaman tersebut segar dan terasa kuat ketika Anda tekan.

Cara termudah dan lebih menjamin ketika membeli bibit tanaman buah dalam bentuk biji adalah membeli bibit yang sudah mendapatkan sertifikasi instansi pertanian terkait. Dengan begitu, risiko mendapatkan bibit berkualitas buruk juga lebih rendah dan Anda tidak perlu terlalu khawatir kalau nanti merugi.

Pada akhirnya, pastikan bahwa Anda selalu cermat dan teliti ketika Anda membeli dari penyedia bibit. Tujuannya tentu saja agar bibit yang Anda dapatkan berkualitas untuk hasil panen yang memuaskan dengan nilai jual tinggi juga. Jika Anda berminat silahkan memesan bibit di mekarbibit.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami

Main Menu