Bibit Buah Unggulan

Bibit tanaman buah umumnya dibuat dengan cara “klonal”, biasa juga disebut dengan istilah “bibit vegetatif”, yakni bibit yang diperbanyak dengan tidak melalui proses perkawinan bunga jantan dan bunga betina. Karena tidak melalui proses perkawinan tersebut, bibit vegetatif akan mempunyai sifat yang sama dengan sifat induknya, dengan pola dan susunan gen yang identik. Bibit vegetatif dibuat dengan maksud untuk mempertahankan sifat-sifat baik yang dimiliki oleh tanaman induk, antara lain : daya adaptasi yang luas, pertumbuhan yang cepat, ketahanan yang baik terhadap hama dan penyakit tanaman, kemudahan berbunga dan berbuah, dan tentu saja mampu menghasilkan buah dengan kualitas buah yang sangat baik (ukuran, kualitas tekstur daging buah, persentase daging buah yang dapat dikonsumsi, rasa dan aroma, daya simpan, dan sebagainya)

Cara perbanyakan vegetatif yang lazim dilakukan untuk memperbanyak bibit tanaman buah adalah : cangkok, okulasi (tempel mata), sambung pucuk (top grafting), sambung dini (mini grafting), sambung samping/sisi, sambung sisip, sambung susuan, dan stek batang. Dengan cara ini, semua kebaikan sifat tanaman induk akan diturunkan 100% kepada bibit-bibit yang dihasilkan tersebut.

Benih buah adalah biji tanaman buah yang akan tumbuh menjadi tanaman yang pada akhirnya diharapkan dapat memproduksi buah-buahan yang dapat dikonsumsi manusia dengan rasa yang beraneka ragam dan kandungan vitamin yang berbeda-beda tiap buahnya. Kategori ini adalah untuk bibit buah berbentuk biji (benih). Jika Anda menginginkan bibit tanaman buah hidup atau bibit yang sudah jadi, silakan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *